Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 001 Sungai Salak
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2x35
Standar
Kompetensi : Memahami beragam
sifat dan perubahan wujud suatu benda
Kompetensi Dasar :Mendeskripsikan perubahan gaya
benda tenggelam,terapung
Indikator : Mendemonstrasikan benda yang tenggelam
menjadi
ter¬apung dan sebaliknya
I.Tujuan
Pembelajaran : siswa mampu mendemonstrasikan benda yang tenggelam menjadi terapung
dan sebaliknya
Karakter
siswa yang diharapkan : tanggu jawab,
dapat dipercaya, rasa hormat, ketulusan (Honesty)
II. Materi Ajar :
Terapung, Tenggelam, Melayang
III. Metode Pembelajaran :
Demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelaran :
A. Kegiatan Awal
1. Menarik
perhatian siswa
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru memimpin do’a
·
Absensi
2.
Motivasi
Guru memperlihatkan benda sebagai
media pembelajaran dan bertanya kepada siswa “ apakah kalian tau tentang gaya
benda ? “
4.
Kaitan
Menanyakan kepada siswa tentang
pengalaman siswa yang pernah dialaminya seprti menanyakan “anak-anak pasti
kalian pernah menjatuhkan sebuah benda kedalam air ?”
Apa yang terjadi jika benda tersebut
memiki volume yang lebih besar dari pada volume air, dan begitu pula sebaliknya
?
3.
Acuan
Guru menuliskan tujuan pembelajaran
dipapan tulis yaitu “ menjelaskan gaya benda yaitu” mendemonstrasikan gaya
benda terapung,melayang dan tenggelam’
Guru mengemukakan tugas yang akan
diberikan “anak-anak nanti bapak akan memberikan tugas tentang pengamatan dan
mendemonstrasikan gaya benda terapung,melayang dan tenggelam dari setiap
perwakilan kelompok”
A.
Kegiatan Inti
1. Ekplorasi
Guru menggali pengetahuan siswa tentang pelajaran yang akan dibahas “
kalian pasti pernah mengamati sebuah benda yang tenggelam,melayang dan
terapungkan ?”
Siapa anak bapak yang ingin mencoba
mengamati sifat benda tenggelam dan terapung didepan ?”
Siapa lagi yang mau mencoba kedepan
?”
2. Elaborasi
·
Guru membagi siswa beberapa kelompok yang
terdiri dari 3 orang ( keterampilan mengorganisasi)
·
Kemudian guru meminta masing-masing kelompok
untuk menjelaskan gaya sebuah benda yang dimasukan kedalam air (keterampilan
mengadakan pendekatan secara pribadi}
·
Setelah mereka menyelesaikan tugas yang
diberikan guru, kelompok menuliskan hasil diskusi kelompok gaya benda yang
mengalami perubahan terapung,melayang dan tenggelam ( keterampilan membimbing
dan memudahkan belajar )
·
Lalu guru meminta perwakilan dari setiap
kelompok membacakan hasil diskusi nya didepan kelas ( keterampilan merencanakan
dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar )
3.
Komfirmasi
·
Guru memberikan penguatan dan memperbaiki
jawaban siswa yang kurang tepat ( memberikan respon positif terhadap buah
pikiran siswa )
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
C. Kegiatan
Akhir
·
Merefleksi
Guru memberikan ringkasan materi tentang
pembelajaran yang telah dipelajari
·
Mengevaluasi
Guru memberikan tugas kepada semua siswa
berupa tes tertulis
·
Menyimpulkan
“anak – anak jadi sifat sebuah benda bisa berubah
jika volume bendanya berubah.
·
Tindak Lanjut
Guru melakukan tindak lanjut
“Dari pembelajaran yang telah kita pelajari
hari ini yaitu tentang sifat benda terapung dan tenggelam,melayang, minggu
depan kita mempelajari tentang energi, jadi coba kalian cari dirumah benda yang
memiliki energi”.
Guru dan siswa mengucapkan hamdalah
bersama-bersama.
V. Sumber /
Alat dan media
A.
Sumber : Buku
paket sains kelas 4 SD
B. Alat
dan Media : air, gelas,
garam, telur
VI. Penilaian
Indikator soal
|
Teknik penilain
|
Bentuk instrumen
|
Instrument soal
|
Mendeskripsikan
gaya sebuah benda
|
Tertulis dan
penampilan
|
uraian
|
Dari hasil
percobaan yang telah dilakukan, tuliskan perubahan yang terjadi pada setiap
reaksi benda yang dimasukan kedalam air yang dilarutkan oleh setiap sendok
garam ?
|
Kunci jawaban :
No
|
Garam
persendok yang dimasukkan ke gelas ke-
|
Posisi
telur*
|
1
|
1
|
tenggelam
|
2
|
2
|
tenggelam
|
3
|
3
|
melayang
|
4
|
4
|
melayang
|
5
|
5
|
Terapung
|
*) keterangan:
tenggelam, melayang, terapung
Sungai
salak, 3 mei 2013
Mengetahui guru mata pelajaran
Kepala sekolah
Khairul Anwar Spi Tri
Juli Arso
soal
- Masukan telur ke dalam gelas berair pelan-pelan.
- Ambil garam dengan sendok selanjutnya masukkan ke gelas berisi air.
- Aduk pelan-pelan (Amati dengan seksama)
- Lakukan kegiatan 5 dan 6 berulang-ulang mungkin sampai 5 kali atau lebih (Amati lagi dengan seksama)
- Simpulkan dari percobaan tersebut sesuai dengan pemahaman (Untuk kegiatan sekolah dapat menggunakan tabel sederhana sebagai data pengamatan)
No
|
Garam
persendok yang dimasukkan ke gelas ke-
|
Posisi
telur*
|
1
|
1
|
|
2
|
2
|
|
3
|
3
|
|
4
|
4
|
|
5
|
5
|
*) keterangan: tenggelam, melayang, terapung.
SOAL LATIHAN
1. bagaimana cara membuat benda tenggelam menjadi
terapung ?
2. bagaimana cara membuat benda terapung menjadi
tenggelam ?
SOAL LATIHAN
1. bagaimana cara membuat benda tenggelam menjadi
terapung ?
2. bagaimana cara membuat benda terapung menjadi
tenggelam ?
SOAL LATIHAN
1. bagaimana cara membuat benda tenggelam menjadi
terapung ?
2. bagaimana cara membuat benda terapung menjadi
tenggelam ?
SOAL LATIHAN
1. bagaimana cara membuat benda tenggelam menjadi
terapung ?
2. bagaimana cara membuat benda terapung menjadi
tenggelam ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar