Senin, 06 Mei 2013

rpp tematik


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN 001 Sungai Salak
Mata Pelajaran                     : IPA
Kelas / Semester                  : IV / 2
Alokasi Waktu                      : 2x35
Standar Kompetensi           : Memahami beragam sifat dan perubahan wujud suatu benda

Kompetensi Dasar               :Mendeskripsikan perubahan gaya
                                                benda   tenggelam,terapung

Indikator                                 : Mendemonstrasikan benda yang tenggelam
menjadi ter¬apung dan sebaliknya

I.Tujuan Pembelajaran : siswa mampu mendemonstrasikan benda yang tenggelam menjadi terapung dan sebaliknya

Karakter siswa yang diharapkan  : tanggu jawab, dapat dipercaya, rasa hormat, ketulusan (Honesty)


II.         Materi Ajar                 : Terapung, Tenggelam, Melayang
III.        Metode Pembelajaran         : Demonstrasi

IV.       Langkah-Langkah Pembelaran    :
            A. Kegiatan Awal
               1. Menarik perhatian siswa
·         Guru mengucapkan salam
·         Guru memimpin do’a
·         Absensi
2. Motivasi
            Guru memperlihatkan benda sebagai media pembelajaran dan bertanya kepada siswa “ apakah kalian tau tentang gaya benda ? “
4. Kaitan
            Menanyakan kepada siswa tentang pengalaman siswa yang pernah dialaminya seprti menanyakan “anak-anak pasti kalian pernah menjatuhkan sebuah benda kedalam air ?”
            Apa yang terjadi jika benda tersebut memiki volume yang lebih besar dari pada volume air, dan begitu pula sebaliknya ?
3. Acuan
            Guru menuliskan tujuan pembelajaran dipapan tulis yaitu “ menjelaskan gaya benda yaitu” mendemonstrasikan gaya benda terapung,melayang dan tenggelam’
            Guru mengemukakan tugas yang akan diberikan “anak-anak nanti bapak akan memberikan tugas tentang pengamatan dan mendemonstrasikan gaya benda terapung,melayang dan tenggelam dari setiap perwakilan kelompok”
           
A. Kegiatan Inti
            1. Ekplorasi
                Guru menggali pengetahuan siswa tentang pelajaran yang akan dibahas “ kalian pasti pernah mengamati sebuah benda yang tenggelam,melayang dan terapungkan ?”
            Siapa anak bapak yang ingin mencoba mengamati sifat benda tenggelam dan terapung didepan ?”
            Siapa lagi yang mau mencoba kedepan ?”

            2. Elaborasi
·         Guru membagi siswa beberapa kelompok yang terdiri dari 3 orang ( keterampilan mengorganisasi)
·         Kemudian guru meminta masing-masing kelompok untuk menjelaskan gaya sebuah benda yang dimasukan kedalam air (keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi}
·         Setelah mereka menyelesaikan tugas yang diberikan guru, kelompok menuliskan hasil diskusi kelompok gaya benda yang mengalami perubahan terapung,melayang dan tenggelam ( keterampilan membimbing dan memudahkan belajar )
·         Lalu guru meminta perwakilan dari setiap kelompok membacakan hasil diskusi nya didepan kelas ( keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar )
3. Komfirmasi
·         Guru memberikan penguatan dan memperbaiki jawaban siswa yang kurang tepat ( memberikan respon positif terhadap buah pikiran siswa )
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

C. Kegiatan Akhir
·         Merefleksi
Guru memberikan ringkasan materi tentang pembelajaran yang telah dipelajari
·         Mengevaluasi
Guru memberikan tugas kepada semua siswa berupa tes tertulis
·         Menyimpulkan
“anak – anak jadi sifat sebuah benda bisa berubah jika volume bendanya berubah.
·         Tindak Lanjut
Guru melakukan tindak lanjut
“Dari pembelajaran yang telah kita pelajari hari ini yaitu tentang sifat benda terapung dan tenggelam,melayang, minggu depan kita mempelajari tentang energi, jadi coba kalian cari dirumah benda yang memiliki energi”.
Guru dan siswa mengucapkan hamdalah bersama-bersama.

V.        Sumber / Alat dan media
            A. Sumber                             : Buku paket sains kelas 4 SD
            B. Alat dan Media                : air, gelas, garam, telur
           
VI.       Penilaian
           
Indikator soal
Teknik penilain
Bentuk instrumen
Instrument soal
Mendeskripsikan gaya sebuah benda
Tertulis dan penampilan
uraian
Dari hasil percobaan yang telah dilakukan, tuliskan perubahan yang terjadi pada setiap reaksi benda yang dimasukan kedalam air yang dilarutkan oleh setiap sendok garam ?

Kunci jawaban :
No
Garam persendok yang dimasukkan ke gelas ke-
Posisi telur*
1
1
tenggelam
2
2
tenggelam
3
3
melayang
4
4
melayang
5
5
Terapung
            *) keterangan: tenggelam, melayang, terapung


                                                                                                            Sungai salak, 3 mei 2013
 
 Mengetahui                                                                                           guru mata pelajaran
Kepala sekolah


Khairul Anwar Spi                                                                                       Tri Juli Arso



soal

  1. Masukan telur ke dalam gelas berair pelan-pelan.
  2. Ambil garam dengan sendok selanjutnya masukkan ke gelas berisi air.
  3. Aduk pelan-pelan (Amati dengan seksama)
  4. Lakukan kegiatan 5 dan 6 berulang-ulang mungkin sampai 5 kali atau lebih (Amati lagi dengan seksama)
  5. Simpulkan dari percobaan tersebut sesuai dengan pemahaman (Untuk kegiatan sekolah dapat menggunakan tabel sederhana sebagai data pengamatan)



No
Garam persendok yang dimasukkan ke gelas ke-
Posisi telur*
1
1

2
2

3
3

4
4

5
5

*) keterangan: tenggelam, melayang, terapung.












SOAL LATIHAN
1. bagaimana cara membuat benda tenggelam menjadi terapung ?
2. bagaimana cara membuat benda terapung menjadi tenggelam ?



SOAL LATIHAN
1. bagaimana cara membuat benda tenggelam menjadi terapung ?
2. bagaimana cara membuat benda terapung menjadi tenggelam ?



SOAL LATIHAN
1. bagaimana cara membuat benda tenggelam menjadi terapung ?
2. bagaimana cara membuat benda terapung menjadi tenggelam ?



SOAL LATIHAN
1. bagaimana cara membuat benda tenggelam menjadi terapung ?
2. bagaimana cara membuat benda terapung menjadi tenggelam ?